Face Recognition Open CV with Python

Sepertinya sudah lama sekali saya tidak update konten di website ini 😄

okey, kali ini saya akan membahas sedikit tentang face recognition menggunakan library open source dari OpenCV (Computer Vision).

Untuk kali ini saya menggunakan python sebagai programing language, why???

kenapa saya pilih python, menurut saya python simple sih, dan saya juga sudah terbiasa menggunakan python pada raspberry pi.

sekarang kita bahas sedikit, apa itu Computer Vision :

Computer Vision adalah kemampuan mesin/komputer dalam melihat hingga mampu meng-ekstrak informasi dari sebuah gambar. Salah satu bidang yang berkaitan dengan Computer Vision adalah Pengolahan Citra atau biasa disebut Image Processing.

OpenCV merupakan sebuah library yang digunakan untuk mengolah gambar dan video hingga kita mampu meng-ekstrak informasi didalamnya. OpenCV dapat berjalan di berbagai bahasa pemograman, seperti C, C++, Java, Python, dan juga support diberbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS, iOS dan Android.

 

  • Salah satu contoh sederhana dalam penggunaan OpenCV adalah bagaimana kita dengan mudah bisa mendeteksi wajah dalam sebuah gambar.

 

Berikut video contoh script yang sudah saya edit.

 


Project ini memiliki 3 bagian script yang mesti di jalankan, yaitu :

 

1. capture face (untuk mengambil gambar wajah seseorang)

2. train face (untuk merubah gambar wajah ke bentuk data matrix dan disimpan pada file berekstensi .yml)

3. recognition (untuk membandingkan wajah yang di capture oleh camera, dengan data yang sudh di train)

 

silahkan anda bisa mendownload script yang sudah saya edit, asumsi saya, anda sudah bisa install python include dengan opencv dan opencv-contrib (silahkan anda googling 🤭😋).

DOWNLOAD

Face recognize tidak selalu menggunakan opencv untuk bisa melakukan verifikasi wajah, ada juga library Face Recognition yang bisa langsung di install dengan dara membuka terminal dan command “pip3 install face_recognition”.

library ini Dibangun menggunakan pengenalan wajah “dlib” yang dibangun dengan Deep Learning. Berikut contoh simple code untuk melakukan komparasi 2 wajah, dimana variabel results akan berisi True atau False, (True artinya 2 wajah dianggap sama sedangkan False sebaliknya).

import face_recognition
known_image = face_recognition.load_image_file("biden.jpg")
unknown_image = face_recognition.load_image_file("unknown.jpg")

biden_encoding = face_recognition.face_encodings(known_image)[0]
unknown_encoding = face_recognition.face_encodings(unknown_image)[0]

results = face_recognition.compare_faces([biden_encoding], unknown_encoding)

Nah selanjutnya gw ada project yang menggunakan komparasi 2 wajah diatas, jadi project ini berhubungan dengan web PHP sebagai database kumpulan wajah pengunjung wisata, project ini bertujuan untuk memvalidasi pengunjung2 yang sudah menjadi member di tempat wisata menggunakan face recognition. Karena ini menggunakan komparasi 2 wajah, maka harus ada Unik ID yang di input sebelum melakukan recognize wajah, artinya Unik ID tersebut terhubung dengan foto master dari pengunjung yang di input. silahkan untuk explore sendiri ya gaess, gw cuma kasih sample code aja untuk web dan python nya… happy ngoprek…

DOWNLOAD Web PHP

//whairtoa.com/4/3018964