Tutorial simpan data sensor nodemcu atau arduino ke mysql

Alhamdulillah, akhirnya tutorial cara membuat API CodeIgniter untuk menyimpan data sensor dari NodeMCU ke Mysql sudah selesai.

Temen-temen bisa langsung nonton videonya di bawah ini ya, ada part 1 dan part 2.

Sorry banget bila banyak kekurangan dari video tersebut, harap maklum editor videonya amatir hahaha.

 


 



Sebelum mengikuti video diatas, kalian bisa download dan install web server terlebih dahulu, di tutorial tersebut saya menggunakan web server laragon, namun yang banyak beredar dan terkenal adalah web server xampp. kalian bisa pilih mana yang kalian suka.

Selanjutnya download Arduino IDE bagi yang belum memiliki di situs resminya arduino.cc

source code bisa kalian download di link bawah ini ya guys. Happy Coding……

Download Source Code PHP

Download Source Code NodeMCU

6 thoughts on “Tutorial simpan data sensor nodemcu atau arduino ke mysql

  • October 12, 2019 at 7:16 pm
    Permalink

    Gan buat tutorial nya on off Relay dengan web donk php html CSS dan mysql
    D tunggu gan

    Reply
    • October 19, 2019 at 3:29 pm
      Permalink

      sudah banyak tutorial PHP cara membuat tombol dan menyimpan ke mysql, tinggal codingannya di gabung aja ke coding saya.

      Reply
  • October 22, 2019 at 6:46 pm
    Permalink

    Mas kalo ke hosting gmn? Apa udah bisa? *dari youtube*

    Reply
    • October 23, 2019 at 6:18 am
      Permalink

      bisa, next time sy buat caranya upload ke hosting

      Reply
  • October 24, 2019 at 6:57 am
    Permalink

    kalau via cloud server hosting gimana mas..? saya sudah punya hosting cuman setingan di program arduinonya gmn?

    Reply
    • October 25, 2019 at 4:04 am
      Permalink

      tinggal upload coding php dan mysql nya saja.
      setting program arduino nya pada URL server di ganti dg nama domain

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *