Alat Pemantau Ketinggian Air Sumur (IoT)

Berawal dari ane membuka pelatihan Arduino untuk pemula, ada salah satu mahasiswi yang sedang Tugas Akhir, dia melakukan analisis dari Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan Bandung (PAG Bandung) terhadap ketinggian air sumur, dan bisa dipantau dengan aplikasi Android.

Permasalahan pertama, karena dia jurusan Informatika akhirnya mau tidak mau dia harus belajar mikrokontroler (Hardware) karen dari jurusannya tidak ada mata kuliah ini. Akhirnya dia mengikuti pelatihan Arduino yang saya adakan di Nusantech.

Prinsip kerja alat ini cukup sederhana, Arduino membaca ketinggian air sumur dengan sensor ultrasonic, selanjutnya data tersebut di kirimkan ke server (hosting) setiap hari pada jam-jam tertentu yang sudah ditentukan. Alat ini dilengkapi dengan modul GPRS, untuk pengiriman datanya ke server, alat ini juga dapat menginformasikan ketinggian air sumur kapanpun dimanapun, apabila ingin mengetahui data mendadak, dengan cara SMS dengan format tertentu. Data yang sudah tersimpan di hosting, bisa di tampilkan pada Aplikasi Android yang telah dibuat oleh mahasiswi tersebut.

 

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3018964